September 23, 2020

matheusrumetna.com

berbagai ilmu seputar dunia teknologi informasi

Pertemuan 3 – Modul

2 min read
data structure and algorithms

Postingan kali ini merupakan materi praktikum Algoritma dan Struktur Data Lanjutan, dimana pada pertemuan 3 ini membahas tentang Modul.

Pada kedua contoh pada materi sebelumnya, variabel p, q, x dan y semuanya bersifat global sehingga dapat dikenal baik pada program utama dan pada procedure TambahKali sedangkan pada dua listing program terakhir, variabel x dan y juga bersifat global namun variabel p dan q tidak diperlukan dali karena digantikan oleh function itu sendiri yang dapat menampung nilai.

Ada baiknya membatasi suatu variabel atau konstanta hanya pada batas local saja karena beberapa faktor seperti kemudahan dalam mengecek jika terjadi kesalahan, memudahkan pengontrolan, dapat memakai variabel dengan nama yang sama tetapi dengan fungsi atau procedure yang berbeda.
Jika mendeklarasikan variabel atau konstanta local di dalam suatu procedure atau function, maka variabel atau konstanta tersebut hanya dapat digunakan pada procedure atau function yang bersangkutan dan tidak dapat digunakan pada procedure atau function lainnya ataupun pada program utama.

Jika sebuah modul, baik procedure ataupun function memiliki parameter yang berada di dalam kurung ( ), maka parameter tersebut disebut dengan parameter formal, sedangkan parameter yang terdapat pada baris perintah pemanggil modul tersebut disebut sebagai parameter actual.

Pada saat memanggil suatu modul (procedure/function) dengan parameter sebenarnya telah terjadi pengiriman parameter dari parameter actual (yang terdapat memangil procedure/function) ke parameter formal (yang terdapat pada procedure atau function tersebut) pengiriman parameter tersebut dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu:

Transfer parameter by value ( secara nilai )
Transfer parameter by location/reference (secara acuan )

Procedure/function rekursif adalah procedure/function yang dapat memanggil dirinya sendiri. Procedure/function rekursif ini dipakai karena memiliki kelebihan yaitu penulisan baris program dapat menjadi lebih singkat, tetapi juga memiliki kekurangan yaitu membutuhkan banyak memori karena setiap kali program bagian dipanggil oleh dirinya sendiri dibutuhkan sejumlah ruang memori tambahan.

Berikut materi praktikum Algoritma dan Struktur Data Lanjutan – Modul yang disajikan dalam bentuk file pdf.
Download : Pertemuan 3 – Modul

Sekian pembahasan singkat mengenai materi praktikum Algoritma dan Struktur Data Lanjutan – Modul. Semoga bermanfaat. Tuhan memberkati. 🙂

Share This Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *