Sab. Sep 21st, 2019

matheusrumetna.com

berbagai ilmu seputar dunia teknologi informasi

Pertemuan 14 – Binary Search Tree, AVL Tree

2 min read
data structure and algorithms

Postingan kali ini merupakan materi praktikum Algoritma dan Struktur Data Lanjutan, dimana pada pertemuan 14 ini membahas tentang Binary Search Tree, AVL Tree.

Binary Search Tree adalah Binary Tree dengan sifat bahwa semua left child harus lebih kecil daripada right child dan parentnya. Juga semua right child harus lebih besar dari left child serta parentnya. Binary search tree dibuat untuk mengatasi kelemahan pada binary tree biasa, yaitu kesulitan dalam melakukan searching/pencarian node tertentu dalam binary tree.

Pada dasarnya operasi dalam Binary Search Tree adalah sama dengan Binary Tree biasa, kecuali pada operasi insert, update dan delete.
Insert : Pada Binary Search Tree, insert dilakukan setelah ditemukan lokasi yang tepat.

Update : Seperti pada Binary Tree biasa, namun jika update berpengaruh pada posisi node tersebut, sehingga menyebabkan Tree bukan Binary Search Tree lagi, maka harus dilakukan perubahan pada tree dengan cara melakukan rotasi supaya tetap menjadi Binary Search Tree kembali.

Delete : Seperti halnya update, delete dalam binary search tree juga turut mempengaruhi struktur dari tree tersebut.

AVL Tree adalah binary search tree yang memiliki perbedaan tinggi/level antara subtree kiri dan subtree kanan maksimal adalah 1. AVL Tree muncul untuk menyeimbangkan binary search tree. Dengan AVL Tree waktu pencarian dan bentuk tree dapat dipersingkat dan disederhanakan.

Selain AVL Tree terdapat pula height balanced and Tree, yakni binary search tree yang memiliki perbedaan level antara subtree kiri dan subtree sehinga avl tree adalah height balanced 1 tree.

Berikut materi praktikum Algoritma dan Struktur Data Lanjutan – Binary Search Tree, AVL Tree yang disajikan dalam bentuk file pdf.
Download : Pertemuan 14 – Binary Search Tree, AVL Tree

Sekian pembahasan singkat mengenai materi praktikum Algoritma dan Struktur Data Lanjutan – Binary Search Tree, AVL Tree. Semoga bermanfaat. Tuhan memberkati. 🙂

Share This Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *