Sab. Sep 21st, 2019

matheusrumetna.com

berbagai ilmu seputar dunia teknologi informasi

Pertemuan 9 – Queue

2 min read
data structure and algorithms

Postingan kali ini merupakan materi praktikum Algoritma dan Struktur Data Lanjutan, dimana pada pertemuan 9 ini membahas tentang Queue.

Secara harfiah queue dapat diartikan sebagai antrian. Queue merupakan kumpulan data dengan penambahan data hanya melalui satu sisi, yaitu belakang (tail) dan penghapusan data hanya melalui sisi depan (head). Berbeda dengan stack yang bersifat LIFO maka queue bersifat FIFO (First In First Out), yaitu data yang pertama masuk akan keluar terlebih dahulu dan data yang terakhir masuk akan keluar terakhir.

Elemen yang pertama kali masuk ke dalam queue disebut elemen depan (front/head of queue), sedangkan elemen yang terakhir kali masuk ke queue disebut elemen belakang (rear/tail of queue). Perbedaan antara stack dan queue terdapat pada aturan penambahan dan penghapusan elemen. Pada stack, operasi penambahan dan penghapusan elemen dilakukan di satu ujung. Elemen yang terakhir kali dimasukkan akan berada paling dekat dengan ujung atau dianggap paling atas sehingga pada operasi penghapusan, elemen teratas tersebut akan dihapus paling awal, sifat demikian dikenal dengan LIFO. Pada queue, operasi tersebut dilakukan di tempat yang berbeda. Penambahan elemen selalu dilakukan melalui salah satu ujung, menempati posisi di belakang elemen‐elemen yang sudah masuk sebelumnya atau menjadi elemen paling belakang. Sedangkan penghapusan elemen dilakukan di ujung yang berbeda, yaitu pada posisi elemen yang masuk paling awal atau elemen terdepan. Sifat yang demikian dikenal dengan FIFO.

Operasi‐operasi standar pada queue adalah:
1. membuat queue atau inisialisasi.
2. mengecek apakah queue penuh.
3. mengecek apakah queue kosong.
4. memasukkan elemen ke dalam queue atau InQueue (Insert Queue).
5. Menghapus elemen queue atau DeQueue (Delete Queue).

Implementasi Queue dengan Circular Array. Salah satu variasi array adalah array melingkar (circular array), artinya array dapat diakses mulai dari sembarang indeks (indeks awal) ke arah indeks terakhir (maksimum array), lalu memutar ke indeks pertama hingga kembali ke indeks awal. Circular array adalah array yang dibuat seakan‐akan merupakan sebuah lingkaran dengan titik awal dan titik akhir saling bersebelahan jika array tersebut masih kosong. Jumlah data yang dapat ditampung oleh array ini adalah besarnya ukuran array dikurangi 1. Misalnya besar array adalah 8, maka jumlah data yang dapat ditampung adalah 7.

Dengan circular array, meskipun posisi terakhir telah terpakai, elemen baru tetap dapat ditambahkan pada posisi pertama jika posisi pertama dalam keadaan kosong. Jika akhir=MAX dan awal=1, nilai head dan tail mencapai maksimum, maka akan dikembalikan ke posisi awal. Operasi‐operasi yang terdapat pada circular array tidak jauh berbeda dengan operasi pada linear array.

Berikut materi praktikum Algoritma dan Struktur Data Lanjutan – Queue yang disajikan dalam bentuk file pdf.
Download : Pertemuan 9 – Queue

Sekian pembahasan singkat mengenai materi praktikum Algoritma dan Struktur Data Lanjutan – Queue. Semoga bermanfaat. Tuhan memberkati. 🙂

Share This Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *