September 23, 2020

matheusrumetna.com

berbagai ilmu seputar dunia teknologi informasi

Pertemuan 5 – Single Linked List, LIFO, FIFO

1 min read
data structure and algorithms

Postingan kali ini merupakan materi praktikum Algoritma dan Struktur Data Lanjutan, dimana pada pertemuan 5 ini membahas tentang Single Linked List, LIFO, FIFO.

Tempat yang disediakan pada suatu area memory tertentu untuk menyimpan data dikenal dengan sebutan node/simpul. Pada setiap node memiliki pointer(penunjuk) yang menunjuk ke simpul berikutnya sehingga terbentuk suatu untaian dan dengan demikian hanya diperlukan sebuah variabel pointer. Susunan berupa untaian ini disebut dengan Single Linked List. Nil tidak memiliki nilai apapun. Setiap linked list pada akhirnya akan menunjuk ke Nil.

Dalam pembuatan Single Linked List dapat menggunakan 2 Metode :
• LIFO (Last In First Out), aplikasinya : Stack (Tumpukan)
• FIFO (First In First Out), aplikasinya : Queue (Antrian)

LIFO adalah suatu metoda pembuatan Linked List dimana data yang masuk paling akhir adalah data yang keluar paling awal. Hal ini dapat dianalogikan dengan menumpukan barang pada kehidupan sehari‐hari. Pembuatan simpul pada suatu linked list disebut dengan istilah INSERT. Jika linked list dibuat dengan Metoda LIFO maka penambahan/insert simpul dilakukan di BELAKANG.

FIFO adalah suatu metoda pembuatan Linked List dimana data yang masuk paling awal adalah data yang keluar paling awal juga. Jika linked list dibuat dengan menggunakan FIFO, maka terjadi penambahan/Insert simpul di depan

Berikut materi praktikum Algoritma dan Struktur Data Lanjutan – Single Linked List, LIFO, FIFO yang disajikan dalam bentuk file pdf.
Download : Pertemuan 5 – Single Linked List, LIFO, FIFO

Sekian pembahasan singkat mengenai materi praktikum Algoritma dan Struktur Data Lanjutan – Single Linked List, LIFO, FIFO. Semoga bermanfaat. Tuhan memberkati. 🙂

Share This Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *