September 23, 2020

matheusrumetna.com

berbagai ilmu seputar dunia teknologi informasi

BAB III – PROSEDUR

1 min read
data structure and algorithms

Bab ini akan mengemukakan bahasan tentang pemrograman moduler, definisi prosedur, pendefinisian prosedur, pemanggilan prosedur.

Pembahasan pada bab ini sangat penting dipahami, karena materi prosedur ini memberikan manfaat bagi pemrogram untuk membuat program yang menggunakan prosedur. Materi prosedur sangat berkaitan dengan materi lainnya dalam sebuah pemrograman terstruktur, terutama pemrograman moduler.

Dalam membuat program besar dan kompleks, si pemrogram perlu memecah program menjadi beberapa sub program yang lebih kecil. Tiap sub program kadangkala cukup independen dari program utama sehingga programnya dapat dirancang tanpa mempertimbangkan konteks tempat di mana sub program tersebut digunakan. Tiap sub program, yang disebut modul dapat dirancang oleh pemrogram selain dari orang yang mengembangkan program utama. Modul yang sudah ditulis dapat dipasang ke program lain yang membutuhkannya. Teknik pemrograman seperti ini dinamakan teknik pemrograman modular. Beberapa bahasa pemrograman termasuk Pascal menamakan modul dengan sebutan rutin, prosedur atau fungsi.

Selain itu, terdapat beberapa poin yang akan dibahas dalam materi ini sebagai berikut :
A. Pendahuluan
B. Penyajian
C. Penutup

Berikut bahan ajar Algoritma dan Struktur Data – Prosedur yang lengkap disajikan dalam bentuk file pdf.
Download : BAB III – PROSEDUR

Sekian pembahasan singkat mengenai Prosedur. Semoga bermanfaat. Tuhan memberkati. 🙂

Share This Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *