September 20, 2020

matheusrumetna.com

berbagai ilmu seputar dunia teknologi informasi

Praktikum 5 – Proses dan Manajemen Proses

2 min read
operating system

Pengertian proses secara informal adalah sebuah program yang sedang dijalankan (eksekusi). Perlu ditekankan bahwa program itu sendiri bukanlah sebuah proses; suatu program adalah satu entitas pasif; seperti misalnya isi dari sebuah berkas/file yang disimpan didalam disket.

‘/proc’, informasi mengenai proses yang sedang berjalan disimpan di file sistem ‘/proc’, yang terdiri dari data kernel yang berubah-ubah secara real-time. Oleh karena bukan file sistem sungguhan seperti yang lainnya, data-data nya tidak memakan tempat di harddisk dan Anda tidak dapat menulisinya. Tetapi kita dapat menampilkan dan merubah informasi yang terdapat di dalamnya (misalnya dengan perintah cat). Di dalam ‘/proc’ Anda akan menemukan banyak sekali direktori yang namanya terdiri dari angka-angka. Angka-angka ini yang disebut dengan ‘process IDs’ (PID). Jika Anda menampilkan salah satu direktori, Anda akan menemukan seperti ‘cmdline’, yang berisi perintah yang menjalankan proses tersebut, atau ‘stat’, yang terdiri dari kode dari proses tersebut.

Pusat (parent/ayah) dari semua proses adalah ‘INIT’. Perintah pstree memperlihatkannya dengan jelas. ‘INIT’ mengendalikan proses mana yang akan dijalankan dan dihentikan. Anak (child) dari ‘INIT’ dapat memiliki proses anak lagi. Jika Anda menjalankan program dengan mengetikkan namanya di baris perintah, program tersebut akan menjadi anak dari program yang menangani baris perintah. Dalam kebanyakan kasus, program ini adalah ‘Bash’ (Bourne-Again-Shell). Satu hal penting yang harus diketahui bahwa anak-anak proses ‘mewarisi’ beberapa sifat dari ayahnya. Jika Anda menjalankan suatu proses dengan hak akses ‘root’, anak prosesnya juga akan memiliki hak yang sama.

Adapun tujuan praktikum Sistem Operasi – Proses dan Manajemen Proses yaitu :
1. Memahami konsep proses
2. Memahami hubungan proses parent dan child
3. Mengetahui bagaimana pembuatan, mengeksekusi dan menunggu proses
4. Mengetahui dan melakukan inisialisasi proses booting
5. Memahami penjadwalan prioritas

Selain itu, beberapa sub-bab yang terdapat dalam modul praktikum ini adalah sebagai berikut :
A. Tujuan Praktikum
B. Persiapan Praktikum
C. Pekerjaan
D. Hasil
E. Dasar-Dasar Teori
F. Tugas Pendahuluan (Pre Test)
G. Percobaan (Praktikum)
H. Latihan Soal

Berikut modul praktikum Sistem Operasi – Proses dan Manajemen Proses yang disajikan dalam bentuk file pdf.
Download : Praktikum 5 – Proses dan Manajemen Proses

Sekian pembahasan singkat mengenai modul praktikum Sistem Operasi – Proses dan Manajemen Proses. Semoga bermanfaat. Tuhan memberkati. 🙂

Share This Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *