September 19, 2020

matheusrumetna.com

berbagai ilmu seputar dunia teknologi informasi

Model OSI Layer 6 : Data Link Layer

1 min read
data communication

Setelah pembahasan sebelumnya mengenai model OSI layer yang kelima yaitu Network Layer, maka pada postingan kali ini akan membahas mengenai model OSI Layer ke-6 yaitu Data Link Layer. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai Model OSI Layer 6 : Data Link Layer.

Packet yang diperoleh dari network layer dibungkus (dienkapulasi oleh data link layer ke dalam sebuah frame. Data Link layer bertugas menjamin pesan yang dikirimkan ke media yang tepat dan menterjemahkan pesan dari network layer ke dalam bentuk bit di physical layer untuk dikirimkan ke host lain. Data link layer akan membentuk packet ke dalam bentuk frame dan menambahkan sebuah header yang berisi alamat hardware (physical/hardware addressing).
Data Link Layer terbagi dalam dua sublayer :

  1. Logical Link Control (LLC) 802.2, bertanggung jawab mengidentifikasikan protokol network layer dan kemudian melakukan enkapsulasi protokol-protokol tersebut. Isi LLC akan menentukan langkah selanjutnya yang harus dilakukan ketika menerima frame dari host lain (LLC bertindak sebagai service access point). Sebagai contoh, ketika host menerima frame, LLC akan mengerti bahwa packet ditujukan untuk protokol IP di Network Layer.
  2. Media Access Control (MAC) 802.3, mendefinisikan bagaimana packet ditempatkan pada sebuah media dalam sublayer ini sistem pengalamatan hardware didefinisikan.

Sekian pembahasan mengenai OSI Layer keenam Data Link Layer. Semoga bermanfaat. Tuhan memberkati. 🙂

Share This Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *