September 18, 2020

matheusrumetna.com

berbagai ilmu seputar dunia teknologi informasi

Model OSI Layer 5 : Network Layer

2 min read
data communication

Setelah pembahasan sebelumnya mengenai model OSI layer yang keempat yaitu Transport Layer, maka pada postingan kali ini akan membahas mengenai model OSI Layer ke-5 yaitu Network Layer. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai Model OSI Layer 5 : Network Layer.

Network Layer bertanggung jawab untuk:

  1. Melakukan mekanisme routing melalui internetwork, router merupakan device yang berfungsi membawa trafik antar host yang terletak dalam network yang berbeda.
  2. Mengelola sistem pengalamatan logika terhadap jaringan komputer.
  3. Data berupa segment yang diterima dari trasport layer akan dikemas ke dalam bentuk packet. Ketika packet diterima oleh interface sebuah router, maka alamat tujuan akan diperiksa jika alamat tujuan tidak ditemukan maka packet tersebut akan dibuang. Tetapi jika alamat tujuan ditemukan dalam routing table (sebuah tabel yang terdapat di dalam router berisi informasi tentang alamat network yang dapat dijangkau oleh router) maka packet akan dikeluarkan melalui outbound interface menuju ke alamat tujuan.

Pada network layer terdapat dua jenis packet yaitu :

  1. Packet Data, digunakan untuk membawa data milik user dikirimkan melalui jaringan dan protokol yang digunakan untuk mengelola packet data disebut Routed Protocol. Contoh protokol yang tergolong ke dalam routed protocol antara liain IP dan IPX.
  2. Route Update Packet, digunakan untuk meng-update informasi yang terdapat dalam routing table milik router yang terhubung dengan router lainnya. Protokol yang mengelola routing table disebut dengan routing protocol. Contoh protokol yang tergolong dalam routing protokol antara lain RIP, IGRP, OSPF dan sebagainya.

Beberapa contoh protokol yang bekerja di network layer adalah sebagai berikut :

  • DDP (Delivery Datagram Protocol), merupakan protokol transport yang biasa digunakan oleh jaringan komputer apple.
  • IP (Internet Protocol), bagian dari Protokol TCP/IP yang menyediakan informasi routing dan sistem pengalamatan logika.
  • IPX (Internet Packet Exchange) dan NWLink merupakan protokol yang disediakan oleh sistem operasi netware yang dibuat oleh novell, digunakan untuk routing paket.
  • NETBEUI dibangun oleh IBM dan Microsoft, menyedikan layanan transport untuk NetBIOS.

Sekian pembahasan mengenai OSI Layer kelima Network Layer. Semoga bermanfaat. Tuhan memberkati. 🙂

Share This Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *