September 29, 2020

matheusrumetna.com

berbagai ilmu seputar dunia teknologi informasi

Pengantar Algoritma

2 min read
computer programming

Apa sih Algoritma itu ? Kita sering mendengar kata ‘algoritma‘ jika kita membahas dunia IT khususnya bagian pemrograman. Sebelum membuat sebuah program, pertama-tama kita harus paham mengenai algoritma dari program tersebut. Banyak orang yang bisa membuat program secara langsung tanpa memikirkan algoritma. Hal tersebut yang kadang membuat mereka tidak paham mengenai algoritma. Hal ini karena komputer pada dasarnya adalah mesin yang tidak bisa apa-apa. Kita harus memberikan instruksi kepada komputer agar mesin ‘pintar’ ini dapat memecahkan suatu masalah. Langkah-langkah yang kita lakukan dalam memberikan instruksi kepada komputer untuk memecahkan masalah inilah yang dinamakan PEMROGRAMAN KOMPUTER.

Ada beberapa definisi algoritma, tetapi disini menggunakan acuan Microsoft Bookshelf : Algoritma adalah urutan langkah berhingga untuk memecahkan masalah logika atau matematika. Dalam kehidupan sehari-hari kita sebenarnya menggunakan algoritma untuk melakukan sesuatu. Sebagai contoh, anda ingin menulis surat, maka perlu melakukan beberapa langkah berikut ini :

  1. Mempersiapkan kertas dan amplop
  2. Mempersiapkan alat tulis (pena atau pensil)
  3. Mulai menulis
  4. Masukan kertas ke dalam amplop
  5. Pergi ke kantor pos untuk mengirim surat tersebut

Langkah-langkah dari nomor 1 sampai nomor 5 inilah yang disebut algoritma, jadi sebenarnya kita sudah menggunakan algoritma, baik secara sadar maupun tidak sadar. Dalam banyak kasus, algoritma yang dilakukan tidak selalu berurutan seperti diatas. Kadang-kadang harus memilih 2 atau beberapa pilihan. Sebagai contoh, jika anda ingin makan, anda harus menentukan akan makan di rumah makan (warung) atau memasak sendiri. Jika anda memilih untuk makan di rumah makan, anda harus menjalankan algoritma yang berbeda dengan apabila anda memilih memasak sendiri. Dalam dunia algoritma hal ini disebut percabangan.

Dalam kasus lain lagi, anda mungkin harus melakukan langkah-langkah tertentu beberapa kali. Sebagai contoh, saat anda menulis surat, sebelum memasukan kertas ke amplop mungkin anda harus mengecek apakah surat tersebut sudah benar atau belum. Jika belum benar, berarti anda harus mempersiapkan kertas baru dan menulis lagi. Demikian seterusnya sampai surat anda sesuai dengan yang diharapkan. Dalam dunia algoritma hal ini disebut pengulangan.

Nah, sekian pembahasan singkat mengenai apa itu algoritma. Semoga bermanfaat. Tuhan memberkati. 🙂

Share This Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *