September 29, 2020

matheusrumetna.com

berbagai ilmu seputar dunia teknologi informasi

Komponen-Komponen Komputer

3 min read
computer application

Pembahasan sebelumnya mengenai pengenalan komputer telah dibahas bahwa secara kasar pengertian komputer itu termasuk hardware yang dihubungkan dengan software kemudian dijalankan/dioperasikan oleh brainware. Hardware, software, dan brainware itu merupakan komponen-komponen komputer. Berikut akan dibahas lebih lanjut mengenai ke-3 hal tersebut.

Komponen-Komponen Komputer
Komputer terdiri dari tiga komponen utama yang tidak dapat dipisahkan, yaitu:

  1. Hardware (perangkat keras), merupakan peralatan fisik dari komputer yang dapat kita lihat dan rasakan. Hardware ini terdiri dari:
    Input/Output Device (I/O Device), terdiri dari perangkat masukan dan keluaran, seperti keyboard dan printer.
    Storage Device (perangkat penyimpanan), merupakan media untuk menyimpan data seperti disket, harddisk, CD-I, flash disk dll.
    – Monitor /Screen, merupakan sarana untuk menampilkan apa yang kita ketikkan pada papan keyboard setelah diolah oleh prosesor. Monitor disebut juga dengan Visual Display Unit (VDU).
    Casing Unit adalah tempat dari semua peralatan komputer, baik itu motherboard, card, peripheral lain dan Central Procesing Unit (CPU). Casing unit ini disebut juga dengan System Unit.
    Central Procesing Unit (CPU) adalah salah satu bagian komputer yang paling penting, karena jenis prosesor menentukan pula jenis komputer. Baik tidaknya suatu komputer, jenis komputer, harga komputer, ditentukan terutama oleh jenis prosesornya.Semakin canggih prosesor komputer, maka kemampuannya akan semakin baik dan biasanya harganya akan semakin mahal.
  2. Software (Perangkat Lunak)
    Merupakan program-program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki. Program tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang dimengerti oleh komputer. Software terdiri dari beberapa jenis, yaitu ;
    – Sistem Operasi adalah software yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehingga masing-masingnya dapat saling berkomunikasi. Tanpa ada sistem operasi maka komputer tak dapat difungsikan sama sekali. Contoh : DOS, Unix, Linux, Novell, OS/2, Windows
    – Program Utility berfungsi untuk membantu atau mengisi kekurangan/kelemahan dari sistem operasi, misalnya PC Tools dapat melakukan perintah format sebagaimana DOS, tapi PC Tools mampu memberikan keterang dan animasi yang bagus dalam proses pemformatan. File yang telah dihapus oleh DOS tidak dapat dikembalikan lagi tapi dengan program bantu hal ini dapat dilakukan. Contoh : Norton Utility, Scandisk, PC Tools, dll.
    – Program Aplikasi, merupakan program yang khusus melakukan suatu pekerjaan tertentu, seperti program gaji pada suatu perusahaan. Maka program ini hanya digunakan oleh bagian keuangan saja tidak dapat digunakan oleh departemen yang lain. Contoh : GL, MYOB, Payroll dll.
    – Program Paket, adalah program yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat digunakan oleh banyak orang dengan berbagai kepentingan. Seperti MS-office, dapat digunakan oleh departemen keuangan untuk membuat nota, atau bagian administrasi untuk membuat surat penawaran dan lain sebagainya. Contoh : seperti Microsoft Office, Adobe Photoshop, Macromedia Studio, Open Office, dll.
    – Bahasa Pemrograman, merupakan software yang khusus digunakan untuk membuat program komputer, apakah itu sistem operasi, program paket dll. Contoh : PHP, ASP, dBase, Visual Basic, dll. Bahasa pemrograman ini biasanya dibagi atas 3 tingkatan, yaitu :

    • Low Level Language, bahasa pemrograman generasi pertama,bahasa pemrograman jenis ini sangat sulit dimengerti karena instruksinya menggunakan bahasa mesin. Biasanya yang mengerti hanyalah pembuatnya saja.
    • Middle Level Language, merupakan bahasa pemrograman tingkat menengah dimana penggunaan instruksi sudah mendekati bahasa sehari-hari, walaupun begitu masih sulit untuk di mengerti karena banyak menggunakan singkatan-singakatan seperti STO artinya simpan (singkatan dari STORE) dan MOV artinya pindah (singkatan dari MOVE). Yang tergolong ke dalam bahasa ini adalah Assembler, ForTran (Formula Translator).
    • High Level Language, merupakan bahasa tingkat tinggi yang mempunyai ciri mudah di mengerti, karena menggunakan bahasa sehari-hari, seperti BASIC, dBase, Visual Basic, VB.Net dll.
  3. Brainware (User)
    User adalah personel-personel yang terlibat langsung dalam pemakaian komputer, seperti Sistem analis, programmer, operator, user, dll. Pada organisasi yang cukup besar, masalah komputerisasi biasanya ditangani oleh bagian khusus yang dikenal dengan bagian EDP (Electronic Data Processing) atau sering disebut dengan EDP Departemen, yang dikepalai oleh seorang Manager EDP.

Nah, sekian pembahasan tentang komponen-komponen komputer. Semoga bermanfaat. Tuhan memberkati. 🙂

Share This Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *