September 18, 2020

matheusrumetna.com

berbagai ilmu seputar dunia teknologi informasi

MODUL 7 – PENGURUTAN/SORTING

2 min read
data structure

• Pengurutan
Pengurutan data/sorting (ada juga yang menyebutnya sebagai pemilihan data) secara umum dapat didefinisikan sebagai suatu proses untuk menyusun kembali himpunan objek menggunakan aturan tertentu. Secara umum ada dua jenis pengurutan data, yaitu pengurutan secara urut naik (ascending), yaitu pengurutan dari data dengan nilai terkecil sampai pada data yang nilanya paling besar. Kedua pengurutan data secara urut turun (descending), yaitu pengurutan dari data yang memunyai nilai paling besar sampai paling kecil. Dalam hal ini pengurutan data yang bertipe string atau char, nilai data dikatakan lebih besar atau lebih kecil dari yang lain didasarkan pada urutan relatif. Tujuan pengurutan adalah untuk mempermudah pencarian data dikemudian hari.

• Metode Penyisipan Biner
Metode penyisipan biner pada pengurutan data perbandingan tidak dilakukan mulai dari elemen pertama sampai ke 1-1, tetapi dengan perbandingan biner. Caranya, kelompok yang sudah urut (elemen ke 1 sampai 1-1) dibagi menjadi dua bagian, kemudian elemen yang akan disisipkan dilihat, apakah kira-kira akan disisipkan pada bagian pertama atau kedua. Jika diperkirakan akan menempati bagian, maka bagian kedua tidak perlu dilihat lagi. Cara ini diulang sampai posisi yang tepat untuk elemen yang baru.

• Metode Seleksi
Cara kerja metode seleksi didasarkan pada pencarian elemen dengan nilai terkecil, kemudian dilakukan penukaran dengan elemen ke 1. Secara singkat metode ini dapat dijelaskan sebagai berikut: Pada langkah pertama dicari data yang terkecil dari data pertama sampai data terakhir, kemudian data terkecil tersebut kita tukar dengan data pertama. Dengan demikian data pertama memiliki nilai terkecil dibandingkan nilai yang lain. Pada langkah kedua data terkecil yang kita peroleh dibandingkan dengan data sampai data terakhir. Demikian seterusnya samapi seluruh data dalam keadaan terurutkan.

Adapun tujuan praktikum Struktur Data – Pengurutan/Sorting yaitu :
1. Mengetahui apa yang dimaksud dengan metode penyimpanan dan metode seleksi dalam pengurutan
2. Memahami cara kerja metode penyisipan dan metode seleksi dalam pengurutan

Selain itu, beberapa sub-bab yang terdapat dalam modul praktikum ini adalah sebagai berikut :
A. Tujuan
B. Peralatan
C. Landasan Teori
D. Tugas Pendahuluan
E. Tugas Akhir Praktikum

Berikut modul praktikum Struktur Data – Pengurutan/Sorting yang disajikan dalam bentuk file pdf.
Download : MODUL 7 – PENGURUTAN/SORTING

Sekian pembahasan singkat mengenai modul praktikum Struktur Data – Pengurutan/Sorting. Semoga bermanfaat. Tuhan memberkati. 🙂

Share This Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *