September 26, 2020

matheusrumetna.com

berbagai ilmu seputar dunia teknologi informasi

BAB 6 – HOSTING DAN DOMAIN NAME SYSTEM

1 min read
internet application

Hosting dapat diibaratkan sebagai kios atau ruangan di Mall yang disewakan untuk ditempati sebuah website milik seseorang atau lembaga tertentu. Manajemen Mall menyewakan ruangan tersebut sekaligus menyediakan infrastruktur, listrik, telepon dan fasilitas lainnya agar orang-orang dapat membuka usaha. Setiap kios pengelolanya dapat berbeda, dekorasinya berlainan dan beroperasi masing-masing dengan caranya sendiri. Dalam hal ini kios atau ruangan yang disewa tentu mempunyai batasan ruangan misalnya berukuran 5m x 3m dan maksimum adalah besarnya gedung Mall tersebut.

Perusahaan Hosting menyediakan hardware sekaligus jaringan infrastruktur, email (telepon), dan sebagainya agar anda dapat membuka/membuat website. Server (gedung Mall) dihuni oleh banyak pelanggan, masing-masing pelanggan mempunyai batas penggunaan diskspace (batasan ruangan) dan tentu saja setiap pelanggan dapat mengoperasikan websitenya masing-masing.

Jadi hosting merupakan tempat untuk menyimpan dokumen Anda. Biasanya perusahaan yang menjual hosting juga menjual domain jadi anda dapat membeli domain sekaligus menyewa hosting untuk menyimpan file Anda. Pembayaran hosting biasanya bulanan namun ada juga yang satu tahun sekaligus.

Selain itu, terdapat beberapa poin yang akan dibahas dalam materi ini sebagai berikut :
A. Hosting
B. Jenis-Jenis Hosting
C. Domain Name System

Berikut bahan ajar Aplikasi Internet – Hosting dan Domain Name System yang lengkap disajikan dalam bentuk file pdf.
Download : BAB 6 – HOSTING DAN DOMAIN NAME SYSTEM

Sekian pembahasan singkat mengenai Hosting dan Domain Name System. Semoga bermanfaat. Tuhan memberkati. 🙂

Share This Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *