September 23, 2020

matheusrumetna.com

berbagai ilmu seputar dunia teknologi informasi

PERTEMUAN 2 & 3 – PENGENALAN HARDWARE JARINGAN KOMPUTER & PENGKABELAN

1 min read
computer networking

UTP adalah kabel yang paling banyak digunakan saat ini, secara teori panjang segmen kabel adalah 100 m. Karakteristik dari kabel UTP adalah sebagai berikut : Kabel UTP adalah kabel-kabel yang disusun berpasangan dan di-twist satu sama lain. Untuk kabel jenis UTP, terdiri dari empat pasang (delapan buah kabel). Hanya dapat melewatkan satu channel data (baseband), karena itu dibutuhkan konsentrator untuk menghubungkan satu node dengan node yang lain. Konsentrator yang digunakan biasanya berupa Hub.

NIC bertugas sebagai antarmuka fisik antara komputer dengan kabel jaringan yang digunakan. Fungsi utamanya adalah menyiapkan data untuk dikirim ke jaringan, mengirimkan data ke komputer lain dan mengatur aliran data antara komputer dan jaringan.

Biasa juga disebut Ethernet Card, LAN card, atau kartu jaringan. Cara kerja Ethernet Card adalah berdasarkan broadcast network, yaitu setiap node menerima setiap transmisi data yang dikirim oleh sebuah node. Ethernet menggunakan metode CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access/Collision Detection) baseband.

Selain itu, terdapat beberapa poin yang akan dibahas dalam materi ini sebagai berikut :
1. Kabel
2. Kabel Unshielded Twisted Pair (UTP)
3. Network Interface Card (NIC)
4. Repeater
5. Hub
6. Switch Hub
7. Access Point
8. Router
9. Kabel Straight
10. Kabel Crossover
11. Kabel Rollover

Berikut bahan ajar Jaringan Komputer – Pengenalan Hardware Jaringan Komputer & Pengkabelan yang lengkap disajikan dalam bentuk file pdf.
Download : PERTEMUAN 2 & 3 – PENGENALAN HARDWARE JARINGAN KOMPUTER & PENGKABELAN

Sekian pembahasan singkat mengenai Pengenalan Hardware Jaringan Komputer & Pengkabelan. Semoga bermanfaat. Tuhan memberkati. 🙂

Share This Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *