Jum. Jul 10th, 2020

matheusrumetna.com

berbagai ilmu seputar dunia teknologi informasi

MODUL 9 – PENANGANAN EKSEPSI

2 min read

Dalam Java, runtime error (kesalahan-kesalahan yang terjadi pada saat program sedang berjalan) direpresentasikan dengan eksepsi. Eksepsi adalah suatu objek yang dibuat pada saat program mengalami suatu kondisi yang tidak wajar (abnormal). Eksepsi dapat dibangkitkan secara otomatis oleh Java runtime maupun secara manual oleh kita sendiri melalui kode yang kita tulis.

Java menyediakan lima buah kata kunci untuk menangani eksepsi, yaitu: try, catch, throw, throws, dan finally. Kata kunci try digunakan untuk membuat blok yang berisi statemen-statemen yang mungkin menimbulkan eksepsi. Jika dalam proses eksekusi runtunan statemen tersebut terjadi sebuah eksepsi, maka eksepsi akan dilempar ke bagian blok penangkap yang dibuat dengan kata kunci catch. Pada kasus-kasus tertentu, terkadang kita juga ingin melempar eksepsi secara manual. Untuk itu, kita harus menggunakan kata kunci throw. Jika kita ingin membangkitkan sebuah eksepsi tanpa menuliskan blok try, maka kita perlu menambahkan kata kunci throws pada saat pendeklarasian method. Dalam mendefinisikan blok try, kita dapat menuliskan statemen tambahan, yaitu menggunakan kata kunci finally. Statemen tambahan ini pasti akan dieksekusi baik terjadi eksepsi maupun tidak.

Adapun tujuan praktikum Pemrograman Berorientasi Objek – Penanganan Eksepsi yaitu :
Praktikan mampu menangani berbagai kesalahan dengan penanganan eksepsi dalam pemrograman dengan Java. Saat kita membuat program, sebisa mungkin program kita terhindar dari kesalahan. Namun, yang lebih penting adalah bagaimana dalam program kita dapat mengantisipasi kemungkinan munculnya kesalahan pada saat program kita dieksekusi. Java menyediakan sebuah mekanisme penanganan kesalahan yang biasa disebut dengan exception-handling. Dalam hal ini setiap kesalahan akan dibentuk menjadi objek.

Selain itu, beberapa sub-bab yang terdapat dalam modul praktikum ini adalah sebagai berikut :
1. Tujuan Pembelajaran
2. Teori Singkat
3. Latihan
4. Tugas

Berikut modul praktikum Pemrograman Berorientasi Objek – Penanganan Eksepsi yang disajikan dalam bentuk file pdf.
Download : MODUL 9 – PENANGANAN EKSEPSI

Sekian pembahasan singkat mengenai modul Pemrograman Berorientasi Objek – Penanganan Eksepsi. Semoga bermanfaat. Tuhan memberkati. 🙂

Share This Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *