Jum. Jul 10th, 2020

matheusrumetna.com

berbagai ilmu seputar dunia teknologi informasi

Model OSI Layer 4 : Transport Layer

1 min read
data communication

Setelah pembahasan sebelumnya mengenai model OSI layer yang ketiga yaitu Session Layer, maka pada postingan kali ini akan membahas mengenai model OSI Layer ke-4 yaitu Transport Layer. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai Model OSI Layer 4 : Transport Layer.

Transport Layer bertanggung jawab dalam proses :

  1. Pengemasan data upper layer ke dalam bentuk segment.
  2. Pengiriman segment antar host.
  3. Penetapan hubungan secara logika antar host pengirim dan penerima dengan membentuk virtual circuit.
  4. Secara opsional, menjamin proses pengiriman data yang dapat diandalkan.

Proses pengiriman pada transport layer ini dapat dilakukan dengan 2 mekanisme :

  1. Connection Oriented
    Proses pengiriman yang menggunakan Connection Oriented dapat diilustrasikan pemberian pesan kepada seseorang yang dipisahkan oleh jarak yang jauh. Pemberikan pesan tersebut dilakukan melalui telepon. Proses pemberian pesan akan dilakukan jika lawan bicara adalah orang yang dituju sehingga dapat dipastikan bahwa pesan diterima oleh orang yang dimaksudkan. Berdasarkan ilustrasi tersbut dapat kita simpulkan bahwa data yang dikirimkan dengan menggunakan mekaisme connection oriented dapat diandalkan. TCP (Transmission Control Protocol) merupakan jenis protokol yang mampu mengirimkan data yang reliable.
  2. Connection Less
    Mekanisme connectionless diilustrasikan dengan proses pemberikan pesan yang dilukukan melalui surat. Pengiriman surat mengkin sampai ke tempat tujuan tetapi penerima di tempat tujuan belum tentu orang yang dimaksudkan sehingga pesan belum tentu sampai ke orang yang dimaksud. Dari ilustrasi tersebut dapat kita simpulkan bahwa data yang dikirmkan dengan menggunakan mekanisme Connectionless kurang dapat diandalkan.

Sekian pembahasan mengenai OSI Layer keempat Transport Layer. Semoga bermanfaat. Tuhan memberkati. 🙂

Share This Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *